Jenis Drone Berdasarkan Fungsi & Jumlah Baling-Baling

Jenis Drone Berdasarkan jumlah baling-baling bisa dikategorikan menjadi: Double Copter ( 2 baling-baling ), Tri Copter ( 3 Baling-baling ), Quad Copter ( 4 Baling-baling ), Penta Copter ( 5  baling-baling ), Hexa Copter ( 6 Baling-baling ), Octa Copter ( 8 Baling-baling ). Jenis Drone dengan jumlah lebih dari 4 baling-baling lebih populer disebut sebagai multi rotor drone, atau jumlah rotor dan baling-baling yang bisa ditambah atau dikurangi sesuai beban (kamera) yang ingin diangkat.

Sedangkan Berdasarkan keperluan penggunaan, jenis drone bisa dikategorikan ke dalam beberapa kelompok:

Drone Solar Eagle : Jenis Drone yang sumber energinya berasal dari matahari, tidak ada resiko kehabisan bahan bakar. Drone ini paling banyak digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk keperluan intelejen dan komunikasi.

Baca Juga: Drone Paling Terkenal di Dunia

Drone Global Hawk : Jenis Drone ini Lebih banyak digunakan sebagai pemantau kerusakan reaktor nuklir.

Drone Predator : Ini adalah jenis drone yang berfungsi sebagai alat pertahanan negara atau melakukan invasi ke daerah operasi militer. Selain dibekali dengan persenjataan, drone predator ini juga didesain untuk bisa bermanuver dalam kecepatan yang sangat tinggi layaknya pesawat tempur.

Baca Juga: Resiko Menerbangkan Drone

Drone Copter : ini adalah jenis drone yang paling banyak kita temukan di sekitar kita. Drone jenis ini biasanya dilengkapi dengan kamera foto dan video.

Mini Drone : Pesawat mainan yang diperuntukkan untuk anak-anak. dengan ukuran yang tentunya kecil dan kemampuan terbang yang terbatas.

Baca Juga: Pengertian dan Sejarah Drone

Jenis Drone Berdasarkan sumber energi yang digunakan dibagi menjadi empat:

Drone Bertenaga Surya : Didesain untuk keperluan pengamatan dalam jangka waktu yang sangat lama. Drone jenis ini hanya diperuntukkan untuk militer.

Drone Bertenaga Bahan Bakar Fosil : Drone jenis ini biasanya didesain untuk mengangkat beban yang lebih berat dari drone normal. Contohnya drone yang digunakan jasa ekspedisi di Amerika Serikat. Bahkan untuk tipe drone predator  menggunakan bahan bakar aftur untuk mendapatkan manuver dan kecepatan jelajah maksimal.

Drone Bertenaga Baterai : Jenis drone copter dan mini drone biasanya menggunakan tenaga baterai untuk menghasilkan putaran baling-baling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *